Thursday, June 16, 2011

Updated Biaya Melahirkan dengan Askes PNS

Alhamdulillah aku sudah melahirkan dengan selamat, anakku juga sehat dan selamat. Bye bye rencana melahirkan normal karena proses persalinanku ada masalah, tapi ga papalah yang penting Ibu dan Anak sehat & selamat.

Nah kembali lagi ke judul qt, kemaren aku melahirkan di RS Mohamad Hoesin Palembang, pertimbangan melahirkan di sini karena selaen Sp.OG-ku bisa melahirkan disini, alat, tempat, tenaga medisnya juga suportif disini.

Setelah diskusi dengan Sp.OG masalah proses persalinan yg kemungkinan keberhasilannya kalo dilahirkan normal hanya 20-30% (dan juga mengingat pengalaman dulu pas PTT) akhirnya aku sm suami sm Sp.OG memutuskan untuk operasi Sectio Sesaria.

Sempet jiper juga (mudah2an tau ya maksud jiper...hehe..) masalah biaya pas mo SC karena kita udah naek kelas ke VIP utama di bangsal kebidanan (Alasan naek ke kelas utama karena kelas yg sesuai dg jatah Askes (yaitu kelas Ia) sudah pada penuh). Mana inget jg dibilangin dulu kalo melahirkan SC naek kelas ke VIP utama nambahnya 10 jt. Tunggu punya tunggu, setelah dirawat 4 hari, akhirnya datanglah petugas Askes bilangin kalo qt cm nambah 5,4jt, whoaaa....Alhamdulillah masih terjangkau :). Rinciannya sih, kalo g salah ya, karena suamiku yg ngurusin ya, nambah biaya kamarnya permalam 275rb (kamarnya gede....yg kelas 1a untuk 2orang di vip utama cm bwt aku sendiri), trus nambah yg laen2 (yg ini aku bingung ya, karena kata suamiku semua biaya dipotong sm Askes) skitar 3jt-an. Jd total untuk penambahan Ibu 4,3jt, untuk baby 1,1 jt.

Alhamdulillah, puas euy.... mana di RSMH di sini super duper pro ASI, jadi setelah melahirkan aku langsung minta rawat gabung, jadi bener2 bisa ASI on demand, trus pas aku bilang ke bidan2 disana jangan dikasih sufor, mereka malah bilang "Wah Ibu, disini kalo Ibu yang mo ngasih sufor Ibu malahan yg tanda tangan di surat pernyataan, kemudian qt jg tidak menyimpan sufor", wuih, baru ini aku denger ada pasien yang tanda tangan kalo mo kasih sufor. Trus slama usaha qt mo kasih ASI, bidan2 & perawatnya bener2 suportif, mereka bener2 kasih semangat buat nyusuin, salut euy.... ASI-ku bener2 baru keluar setelah 1 hari, sebelomnya Ovi cm nyusu2 gt aja, yg keluar dikit, tp aku juga g pantang nyerah karena dikasih semangat sm bidan2nya dan perawat2nya, dan juga sm temen2ku :).

Nah, begitulah ceritaku pas melahirkan dengan ASKES, mudah2an pengalamanku ini bisa berguna buat orang laen ya :), dimaklumin w kalo rada2 ngalor ngidul ^^

7 comments:

  1. SP.Og nya sapa mbak kalo boleh tau??apa priksa rutin kehamilannya di RS itu?? trus kalo boleh tau ada rekomendasi SP.OG wanita yang bagus ga di palembang, kebetulan aku lagi ikut suami di Semarang, alhamdulillah lagi hamil masuk 4 bulan, rencana mau ngelahirin di Palembang..makasih atas infonya mbak..selamat buat kelahiran nya ya :)

    ReplyDelete
  2. Aku kemaren Sp.OG-nya dr. Nuswil B, Sp.OG. Priksa rutinnya di praktek swastanya di Jl. Radial, g harus di RS situ kok (secara RS pemerintah ya kalo rawat jalan antriannya ular naga panjangnyaaa....). Pas udah masuk minggu 37 biasanya qt ditanyain mo nglahirin dimana, trus ntar dikasih surat pengantar.

    Sp.OG cewek ya...ini stau aku aja ya...kalo di RS Khadijah ada dr. Asdaria, di RSMH ada dr. Amirah, dr. Fatimah Usman. Wah, maaf nih, terus terang Sp.OG cewek blom bisa kasih rekomendasi aku, karena temen2ku & aku & keluargaku pada periksa ke Sp.OG cowok smua, jd g tau gimana2nya... Kalo minat periksa ke Sp.OG cowok aku rekomen dr. Nuswil (orangnya masih muda, energik, cepet ambil keputusan, pinter jg), ato dr. Jaelani (udah sparuh baya, karismatik, empati ke pasiennya bagus banget, jd kalo sm dy kaya konsul ke bapak qt sendiri ^_^)

    Hope This Help ya....mudah2an kehamilan dan persalinannya lancar :)

    ReplyDelete
  3. mbak, mau nanya juga, aku udah masuk 36mg lagi survey jg..itu pas lahiran dikerubungi koas2 ngak?soalnya aku dapet cerita kalo lahiran di umum itu kita dijadiin kayak bahan praktek..aaah,aku deg degan..

    ReplyDelete
  4. Wah, selamat ya...mudah2an lahirannya lancar mbak putri :)

    Koas it enggak boleh meriksa apalagi ngerubungin pasien kelas, baik kelas 1 ato kelas 2. Koas cm boleh pegang pasien kelas 3. Kmrn tetanggaku jg beranggapan kaya gitu, terus pas di masuk RS di paviliun enggak ada koas yg meriksa dy, yg meriksa ya dokter :). Mgkn yang dikerubungin itu pasien di UGD, tp skarang jg udah enggak pernah keliatan lagi 1 pasien dikerubungin banyak koas, bisa kena marah koasnya kalo ngerubungin pasien ;).

    Kalo mbak putri enggak mau dikerubungin koas, bilang aj ke perawatnya ato dokternya pas masuk ke UGD ato di ruang rawatnya enggak mau diperiksa sm koas, biasanya mereka ngerti :), tapi dengan catatan mbak putri dirawat di kelas 2, kelas 1, vip ato vvip ;)

    Jangan deg2an mbak...tenang ajaaaa.... hope this help :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mba..selamat yaah sudah lahiran ..

    Oiya, aq juga rencana mau pake askes nih lahirannya, waktu mba ke RS utk proses persalinan, gak harus pake surat rujukan kan yah dr puskesmas klo untuk proses persalinan?

    Soalnya, aq tdny mau kontrol tiap bulan jg mau pake askes di RS, kan harus bw surat rujukan dr puskesmas, tapiiii, rada ribet juga,kt dokternya selama masih bisa ditangani oleh puskesmas n qita nya juga sehat2 aja sm dd bayinya, ya utk apa surat rujukan lagi.. Jadi kayanya aq hopeless klo utk kontrol mau pake askes di RS..

    Makanya, klo untuk lahirannya gak harus pake surat rujukan kan yah?

    ReplyDelete
  6. Salam kenal jg mbak :)

    Kalo mau mo melahirkan di RS enggak perlu bawa rujukan dr puskesmas, kemaren aku rujukannya dr Sp.OG di praktek pribadi, trus sampe RS tinggal bilang mau pake ASKES, trus dtanyain mau pilih dokter enggak, ya berhubung udah cucok sm Sp.OG itu aku pilih dokter dg konsekuensi ada selisih bayar.

    Yup, kalo kontrol/rawat jalan ke RS harus pake rujukan dari puskesmas, aku sendiri pernah nyobain rawat jalan pake ASKES, ribet euy, tiap kontrol harus ke Puskes dulu ambil rujukan, trus ke RS diverifikasi lagi oleh Askes, barulah setelah itu diperiksa,rada panjang ketimbang qt ke praktek pribadi tinggal dateng, daftar, bayar.

    Hope This Help :)

    ReplyDelete
  7. mbak, klo lahiran normal di vip rsmh berapaan mbak? tanpa askes dan dgn askes? kamarnya booking dulu or gimana?

    ReplyDelete