Thursday, June 23, 2011

My Newborn in Clodi :)

Sudah g terasa nih si Ovi udah hampir sebulan :). Sudah mulai dicicilin nih pake clodi.
  • Umur 1 hari-7hari, Ovi blom dipakein clodi (masih kecil banget....) lagian pup-ny masih pasta buanget, trus pipisnya juga belom banyak, jadi di masa2 ini masih dipakein popok tali yg super duper tipis it, sm popok prefold tetra.
  • Umur 7 hari-2minggu, Ovi full pake popok prefold tetra lengkap dengan peniti gedenya yg kaya di kartun-kartun itu, hehe... Pas masa2 ini cucian buanyaaaak banget (pernah 1 hari 1 malem habis 24 lembar popok tetra), karena kalo pipis, pasti ngrembes jg ke bedongnya, kadang sampe ke bajunya, waaah kasian sm ART yg nyucinya, sampe2 dy nyuci pagi-sore biar enggak bgtu banyak cuciannya. Pas masa2 ini pupnya Ovi cair banget, kadang dy ngentut pun ikut kluar, pipisnya juga lumayan banyak.
  • Umur > 4 minggu, nah karena ga tega liat Ovi yg bobonya keganggu kebangun terus gara2 pipis + pup, akhirnya aku nekat makein clodi, walopun pas awal rasanya ga tega liat dy jd gendut bgt & bulky, tp drpd tidurny tiap 1-2jam nangis karena pipis ato pup. Trus juga aku ga tega liat ART-ku cuciannya buanyaaaak bgt, ak juga sebenernya ikutan stres sih kalo pake popok tetra terus2an karena kalo hujan otomatis keringnya susyeeeh. Voila, setelah pake clodi Ovi bobonya nyenyak, cm kbangun buat mimik, itupun kadang g bangun2 bgt, dy cm nangis dikit, aku kasih ASI, sudah....dy aja masih mejem2 gt pas mimiknya, senangnyaaaa... Cucian juga berkurang dg bermakna, bedong yg dulu 1 hari bisa sampe 6-8 lembar, sekarang cm 1-3 lembar, popok tetra jg berkurang, palingan 1 hari kepake 4-5 lembar, karena popok tetra ini aku pakein buat insert2 clodi yg model pocket. Sekarang aku cm punya 5 clodi, 2 impor (Grovia, Charlie Banana), 3 lokal (Green Nappy, GG, Pempem). 
Kiri ke kanan: GN (dg GG Nappy liner), Pempem + insertnya, Grovia, Insert CB
So far, yg paling sering aku pake sih Grovia, CB sm GG, karena ntah kenapa kalo dipake Ovi g terlalu bulky. Biasanya CB sm Grovia aku pakein kalo malem dg insertnya GN, Grovia, CB (gentian wae nih, pake-cuci-kering, hehe....) GG biasanya aku pakein buat cadangan kalo malem, biasanya aku pake pas jam2 mo subuh gt, biar seger aja area situnya, hehe..

Aku juga seneng mengkombinasi insert dg diaper covernya, skrg sih siklusnya, Grovia dg insert Grovia, GN, GG. Kalo CB dg insert CB, GN. Kalo GG, Pempem biasanya insertnya aku pakein popok tetra dan aku pakein pas siang aja, jd 2-3 jam aku genti insertnya, kalo terlalu basah biasanya aku siram sedikit trus jemur. Pemakaian siang juga aku kombinasi dg popok prefold tetra, biar bernapas dikit area situnya, hehe...
Pemakaian malam biasanya aku genti skitar 4-5jam, ga tega euy kalo smpe semaleman enggak digenti (pernah gak digenti semaleman pas kasih ASI bau pesing anakku :( ). GN sendiri jarang aku pake, ntah kenapa Ovi kalo dipakein GN nangis gt.

Setelah punya pengalaman enaknya pake clodi, sekarang jadi ketagihan mo beli clodi lagi, kayanya punya 5 kurang ya....karena kaya dikejer2 gt nyucinya, hehe... Oia and so far aku cm kepake 3 pospak ukuran S, hehe....lumayan penghematan, karena cerita temenku dy pake pospak untuk anaknya yg newborn bs 6-7 pospak (wuiiih....itung aja ya....kalo 6 pospak x Rp.2000 x 30 hari = .......).

Sekarang juga lebih seneng pake pocket diaper, bukan diaper cover (pas waktu hamil dulu lebih suka diaper cover), karena kalo pake pocket diaper insertnya bisa dari popok tetra, lumayan murah ketimbang beli insert2 clodi terpisah (pernah liat di LaVie harga insert NN (No Name) 30 rb) trus juga insert clodi lama keringnya (karena aku cuci tangan & enggak diperes di mesin cuci, jadi insert2 it pasti keringnya nyaris 2 hari, padahal aku lagi di Palembang yg panasnya kaya mo jemur ikan asin wae, hehe....)

Buat mommies yg punya newborn, monggo wae dipake clodi-clodinya, jangan ragu-ragu, demi kemaslahatan umat & absolutely for go green!!

No comments:

Post a Comment