Wednesday, April 6, 2011

Pengalaman Breast Care Rame2 ;)

Baru pulang dari breast care di salah satu RS swasta di Bandung nih, sebelum lupa....mareeee qt sharing cara-cara breast care.

Tau breast care dari salah satu leaflet dari RS swasta, iseng2 nanya ke bagian tersebut, alhasil dikasih taula breast care itu adalah perawatan payudara sebelum kehamilan (prenatal) dan setelah melahirkan (post natal), tapi diutamakan kehamilan diatas usia 5-6 bulan, dikarenakan breast care ini bisa merangsang adanya kontraksi di rahim sehingga ditakutkan bisa melahirkan dini.

Dikarenakan dulu ngliat pengalaman orang kalo awal2 menyusui sakit & bisa bengkak, berinisiatiflah sm temen untuk mengambil kelas breast care ini, untungnya sebelom breast care ada kelas senam hamil, jd yowissss sxan waela senam hamil + breast care. Oia, biaya yg ditetapkan untuk ikut breast care + senam hamil 30rb, tapi kalo breast care sajoo 25rb (g adil yak harganya....hihihi).

Begini nih tata cara breast care:
*(lagi diusahain cari gambarnya diweb neh, tp rada susah nyari gambar yg sesuai dg deskripsi di breast care td)
  1. Cuci kedua tangan dengan sabun sampe bersih, karena nih ditakutkan payudaranya kena kuman2 dari tangan yg dari tadi sudah ber-"adventure" ke mana2.
  2. Ambil minyak (bole pake minyak goreng dapur--murah meriah...., bole juga pake minyak zaitun, baby oil, tapi disarankan pake minyak goreng karena g bikin alergi buat smua ibu2), minyak ini direndam di air panas biar ada efek hangatnya. Ambil kapas/kain kecil (apa ajalah yg sejenis, hehe...), tempelkan di kedua puting payudara, tarik keluar puting dan lakukan gerakan memutar seperti memutar volume radio model jadul. Hal ini dilakukan untuk membersihkan payudara dari sisa2 lemak/asi yg netes g trasa dan kotoran yg lengket di puting payudara dan area sekitarnya. Kalo masih kurang puas, lakukan lagi hal yg sama, tp dengan menggunakan sisi sebelah kapas yg bersih.
  3. Lakukan pemijatan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan di salah satu payudara, lakukan pemijatan ke arah puting payudara. Pemijatan ini dilakukan dengan arah berlawanan, jadi horisontal dahulu, kemudian vertikal, diagonal kiri, diagonal kanan, lakukan sebanyak 20 kali. Oia, sebelum pemijatan, ratakan minyak di telapak tangan kiri dan kanan untuk memudahkan pemijatan.
  4. Setelah itu, angkat payudara dengan menggunakan 1 tangan (payudara kiri diangkat dg tangan kiri, begitu juga sebaliknya), tangan 1-nya dengan menggunakan kelima jari seperti sisir (sedikit direnggangkan) dilakukan penyusuran dr pinggir payudara ke arah tengah. Lakukan di semua arah, kalo di payudara bagian bawah tidak perlu dipegang lagi, cukup seperti disisir ke atas ;). Lakukan sebanyak 20x juga (selamat menghitung sampe 20x yak....ak tadi aja ngitung 20x sempet bingung....hihihi....)
  5. Setelah selesai nomer 4, kompres kedua payudara menggunakan air hangat-dingin sebanyak 5x, jadi kompresnya hangat-dingin-hangat-dingin-hangat....lakukan masing2 sekitar 2menit, jadi total 10menit untuk kompres2an. Oia kompres ini merupakan rutinitas terakhir breast care sebelum melahirkan, jadi sebelum melahirkan ada 3 hal yg dilakukan yaitu nomer 2, 3 dan 4. Nah, nomer 6, 7 dan 8 ini dilakukan setelah melahirkan, karena yg nomer ini cukup sporadik (hihihi...lebay.com) sehingga bisa merangsang kontraksi.
  6. Setelah melahirkan, kegiatan nomer 4 tadi dilanjutkan dengan massage seperti ini (whuaaaaa....sayang g ada gambarnya....rada susah euy jelasinnya), taruh kedua tangan ditengah payudara dengan sisi jempol menempel didada dan kedua punggung tangan berlawanan, jari-jari menghadap ke bawah (aduuuh...mudah2an ngerti yaaa caranya.....) kemudian tekan tangan ke dada, lakukan gerakan memutar ke atas payudara, ke samping kemudian ke bawah payudara, setelah itu tarik kedua tangan kedua tangan ke arah keluar. Lakukan 5x.
  7. Jika telah 5x yg nomer 6, massage payudara dengan menggunakan 3 jari (jari telunjuk, jari tengah, jari manis), dimulai dari akar payudara (bagian terluar payudara) dimassage dg gerakan melingkar ke arah puting payudara. Lakukan di semua sisi payudara kiri dan kanan.
  8. Berikutnya, gerakan yg terakhir neh....dengan menggunakan sisi tangan kelingking, sapu payudara dari sisi luar ke puting payudara dengan gerakan cepat seperti menyapu/membersihkan debu.
  9. Terakhir, lakukan gerakan kompres seperti di nomer 5. Jadi ada 6 urutan breast care setelah melahirkan dan 3 gerakan breast cara sebelum melahirkan. Kompres dilakukan terakhir setelah gerakan2 tersebut.
Ini gambar untuk nomer 7

Ini gambar untuk nomer 8, nomer 4 dan nomer 3. Rada g beraturan neh susunannya, karena dapet gambarnya co-pas dari blog laen, dan sesuai dengan breastcare yg diajarin oleh bu bidan tadi.

    Gerakan breast care ini sebaiknya dilakukan sekitar 2-3 x/minggu, kemudian sebaiknya aerola dan puting payudara tidak dibersihkan dengan sabun biar terjaga kebersihannya dan menghindari kekeringan di daerah tersebut ;) 

    Ada cerita lucu juga tadi pas breast care, qt smua disuruh buka baju & payudara rame2, trus cuma dihandukin aja gt, awalny sih pada malu2 smua, tp setelah beberapa lama & beberapa gerakan, akhirnya jadi cuek wae....pd konsen dg payudara masing2...hihihihi.....

    Hmm...untuk saat ini cuma ini yg bisa dijabarkan...hehe...Mudah2an pada ngerti yaaaa....maaf kalo bahasanya rada2 pornoaksi gt, asal jangan pikirannya ke mana2, hehe.... ;)

    No comments:

    Post a Comment