Friday, April 1, 2011

What's a Cloth Diaper a.k.a Clodi?

Pertama-tama sempet bingung juga sama istilah clodi, pertama kali denger di TUM....clodi....what's a clodi??? Clodi it cloth diaper, sebenernya sih sama aja prinsipnya dengan popok kain celana ato prefold, tp yg bikin clodi lebi canggih itu clodi pake outer dan inner/soaker/insert. Outernya itu sendiri udah pake bahan PUL (Poly Urethane Laminate) yg bahannya soft tapi g tembus air dan belom kebaca tuh di review2 ato forum2 ada baby yg alergi sm PUL. Innernya sendiri macem2, tapi pada intinya bahan yg nyerep air, kaya hemp, bamboo & bahan yg soft di kulit bayi, kaya fleece.
Beli clodi it sendiri biasanya via onlineshop, g tau kenapa yak kalo di babyshop suka g ada, stelah menjelajahi 4 babyshop di bandung, cm ada di Mivie Babyshop clodi itu. Lumayan lengkap jg koleksi clodi di MiVie itu, ada RR, HH, Grovia, MMK, yg lokalnya cm ad ZigieZag. Pas di MiVie ini lah baru aku sadar kalo ada 2 tipe clodi itu, ada yg tipe pocket dan tipe diaper cover.
  • Pocket, pada tipe clodi ini insert dimasukkin ke dalam semacam suatu kantong, jd kulit baby enggak langsung kena ke insertnya, tp kena ke outernya. Biasanya bagian dari outer yg kena ke kulit bayi pake bahan fleece. Clodi tipe pocket ini sih buat aku saat ini kurang sreg yak, berarti tiap kali BAK (insert penuh) outernya juga harus dicuci, rada repot juga yak, ada juga yg nyaranin misalnya pas genti insert, bisa alas outer yg kena ke pantat bayi dibersihin pake babywipes, tp rasanya kok ga sampai hati yaaaa.... Oia insertnya biasanya terbuat dari hemp ato bamboo. Masalah performance dr hemp ato bamboo, hmmmm....lom bisa komen neh :). Clodi, baik lokal atopun imported, kebanyakan pake sistem ini.
  • Diaper cover, pada tipe ini soaker (istilah insert buat diaper cover) diletakkan diatas diaper cover, nah pada tipe ini, kulit bayi langsung kena ke soakernya, kalo g salah ada beberapa merk yg pake bahan fleece untuk melapisi si soaker yg kena ke bagian kulit bayi, biar tetap lembut. Nah, kalo tipe clodi lebih sreg sm aku, karena kalo insertnya penuh, tinggal genti insert aja, diaper covernya bisa dipake lagi (tp dengan catatan diaper cover masih bersih alias g kena poop). Merk clodi yg pake sistem ini, lokalnya green nappy, cluebebe petite dg large, merk impornya grovia, flip.
 Kalo liat harga clodi, mmmh, mmg mahal2 teuing, apalagi yg impor...ckckckck....bisa buat beli tas baru buat emaknya...hehe.. Tp pernah baca di blog2 orang kalo qt beli clodi dr sekarang, bisa menghemat bahkan meniadakan pemakaian pospak (popok sekali pake), yg ujung2nya mengurangi sampah di permukaan bumi ini (go green!!!) dan tentu saja bisa menghemat pengeluaran bulanan buat pospak. Jaman kakakku dulu aja pengeluaran pospak dy sebulan (tahun 2002-2004an) bisa smpe 200-300an/bulan/anak, hmmmmh, gimana kalo jaman skarang, gile ajaaa....mending buat beli susu baby-nya ato susu emaknya kalo dy masih menyusui ;).
Memang kalo pake pospak lebi praktis, kalo penuh tinggal buang, mo pake tinggal buka trus beres dah, kalo pake clodi kn mau g mau dicuci dulu clodinya, belom lagi kalo poop, hmmm....harus cuci bersih dulu, stlh cuci, dijemur lagi baru dipake clodinya. Tp kalo mo pikir lebih panjang lagi, ya itu tadi, sampah dr pospak it....bisa buat gunung x ya kalo ditumpukin jd 1 di suatu daerah (hihiihi....lebay.com). Blom lagi masalah biaya...he...mending duitnya buat inves direksadana ato di beliin yg laen deh.
Mudah2an setelah baca blog ini, pada teracuni buat pake clodi, for a better future & for a better cashflow in family finance...hehe....

No comments:

Post a Comment